Beranda » Komunikasi » Kecerdasan Emosi

Kecerdasan Emosi

Archives

Categories

Calendar

Maret 2012
S S R K J S M
« Nov   Apr »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Blog Stats

  • 204,021 hits

Menurut Harlock pengertian emosi merupakan respon adaptif otomatis yang melibatkan perubahan fisiologis serta perubahan dan pengaturan perilaku saat individu melakukan penilaian dalam menghadapi sebuah stimulus. Emosi dimiliki oleh setiap orang, baik emosi positif maupun emosi negatif. Dengan adanya emosi maka individu dapat menggambarkan perasaan yang sedang dirasakan. Seperti fungsi emosi menurut Greenberg (2003) yang menyatakan fungsi emosi adalah :
• memberikan informasi berbagai kemungkinan dalam pemenuhan kebutuhan individu,
• mengatur tindakan
• mengawasi hubungan tindakan interpersonal
• menilai apakah yang terjadi sesuai dengan keinginan
• memberikan tanda kepada orang lain mengenai keadaan kita
• mengekspresikan dan bertindak sesuai tanda-tanda yang dirasa penting oleh individu
Kadang seseorang masih dapat mengontrol keadaan dirinya sehingga emosi yang dialami tidak tercetus keluar dengan perubahan atau tanda tindak – tanda fisiknya. Hal ini berkaitan dengan pendapat yang dikemukakan Ekman dan Friesen yang dikenal dengan display rules, yang bagi menjadi tiga rules, yaitu masking, modulation dan simulation.
Dalam kehidupan, individu mengalami perkembangan emosi, sejalan dengan pertumbuhan pada dirinya. Perkembangan yang terjadi pada diri individu tidak hanya perkembangan intelektualnya saja melainkan perkembangan emosi juga. Perkembangan emosi terjadi pada diri individu sesuai dengan pertumbuhan pada individu. Emosi dapat dikembangkan oleh keluaraga, sekolah dan lingkungan.Dalam kehidupan individu, terdapat juga individu yang menggalami gangguan emosi. Pengertian gangguan emosi adalah keadaan emosi yang menyebabkan gangguan pada diri seseorang, baik karena emosi yang timbul terlalu kuat atau emosi yang tidak hadir. Karena pada hakikatnya tidak ada emosi yang positif dan positif, tergantung persepsi individu yang terkait dan akibat yang akan dialaminya. Ada beberapa alasan orang mengalami gangguan emosi dikarenakan hal-hal seperti berikut:
a. Seseorang mengalami emosi tertentu, seperti kecemasan, dan kemarahan yang terlalu sering atau terlalu kuat.
b. Seseorang mengalami emosi tertentu yang terlalu jarang atau terlalu lemah. Mereka merasa tidak mampu menunjukkan rasa sayang, kepercayaan, marah atau penolakan
Selain itu terdapat juga kecerdasan emosi. Kecerdasan emosi ini sama dengan gangguan emosi, karena keduanya tidak dimiliki oleh semua individu. Kecerdasan emosi atau dikenal dengan istilah Emotional Intelligence (EI) adalah kemampuan untuk mengerti dan mengendalikan emosi. Termasuk di dalamnya kemampuan untuk membina hubungan dengan orang lain di sekitarnya. Menurut Goleman (1997) kecerdasan emosional adalah kemampuan lebih yang dimiliki seseorang dalam memotivasi diri, ketahanan dalam hadapi kegagalan, mengendalikan emosi dan menunda kepuasan, serta mengatur keadaan jiwa. Dengan kecerdasan emosional tersebut seseorang dapat menempatkan emosinya pada porsi yang tepat, memilah kepuasan dan mengatur suasana hati. Kadang seseorang masih dapat mengontrol keadaan dirinya sehingga emosi yang dialami tidak tercetus keluar denlami gangan perubahan atau tanda – tanda fisiknya.
Aspek-aspek kecerdasan emosi menurut Rakhmat, 1985 adalah sebagai berikut :
a. Pengelolaan diri
Mengandung arti bagaimana seseorang mengelola diri dan perasaan-perasaan yang dilaminya.
b. Kemampuan untuk memotivasi diri
Kemampuan ini berguna untuk mencapai tujuan jangka panjang, mengatasi setiap kesulitan yang dialami bahkan untuk melegakan kegagalan yang terjadi.
c. Empati
Empati ini dibangun dari kesadaran diri dan dengan memposisikan diri senada, serasa dengan emosi orang lain akan membantu anda membaca dan memahami perasaan orang lain tersebut.
d. Ketrampilan sosial
Merupakan ketrampilan yang dapat dipelajari seseorang semenjak kecil mengenai pola-pola berhubungan dengan orang lain.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: